Bertempat di Ruang Rapat Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang, Rabu 09 September 2020 di gelar FGD tentang SIM Green City Berbasis WEB. FGD ini merupakan rangkaian kegiatan Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) multi tahun yang diketuai oleh Prof. Ir. Respati Wikantiyoso., MSA., Ph.D denga anggota (1) DR.Ir. Tonny Suhartono MT, dan (2) Aditya Galih Sulaksono S.Kom., M.Kom. Penelitian dengan judul ” Rekayasa SIM Green City Berbasis WEB Sebagi Model Implementasi Pengendalian RTH Kota Berkelanjutan” tahun 2020 ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan penelitian. Bertindak sebagai Narasumber FGD, Kepala BAPPEDA kota Malang Ibu Dwi Rahayu, S.H., M.Hum. FGD dihadiri oleh MITRA Penelitian dari Pemerintah Kota Malang yang terdiri dari:

  1. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Malang: (1) Kepala Bappeda, Dwi Rahayu, S.H., M.Hum., sebagai Narasumber, (2) M. Anis Januar, ST., MT., (3) dan Ratri Hendrowati, ST, M.AP, MPP.
  2. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas KOMINFO) Kota Malang; (1) Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika), Moh. Sidik, ST; (2) Kasi. Pengembangan Informatika, Laode Kuliata B Alfitra, SP, MM; (3) Aries Ahadhi Siswanto, ST.; dan (4) Eko Budi Utomo, S.Kom.
  3. Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang; (1)  Kasi. Pertanahan dan Pemanfaatan Ruang, Nurul Isna, ST; dan (2) Sri Karima Amalia, ST.
  4. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang; (1) Kabid RTH, Ir. Kuncahyani; dan (2) Ahdiyat Ferdiyanto.

Sistem Informasi Manajemen Green City merupakan sebuah aplikasi ruang terbuka hijau yang berbasis web atau WebGIS. Sistem Informasi Manajemen Green City dibangun dengan model penyediaan pangkalan data yang dapat menjadi suatu pendekatan baru dalam proses perencanaan dan perancangan pengembangan perkotaan yang efisien dan rasional. Perencanaan dan perancangan kawasan khusus seperti perencanaan RTH saat ini menghadapi permasalahan pengembangan yang sangat kompleks. Untuk itu, perlu adanya sebuah aplikasi yang dapat memvisualisasikan ruang terbuka hijau agar dapat mendukung perencanaan dan perancangan pengembangan kawasan di Kota Malang. Web Sistem Informasi Manajemen Green City akan menjadi media informasi yang komprehensif tentang kebijakan pengendalian RTH yang terimplementasikan dari kebijakan pemetaan ruang di Kota Malang. Sebagai sistem informasi yang terintegrasi, SIM ini menggunakan data-data dasar dari (1) Data Rencana Tatat Ruang Wilayah Kota Malang 2010-2030; (2) Rencana Detail Tata Ruang Kota Malang dari 6 (enam) Bagian Wilayah Pengembangan;  Malang Tengah, Malang Utara, Malang Timur Laut, Malang Timur, Malang Tenggara, dan Malang Barat; (3) Master Plan Ruang Terbuka Hijau Kota Malang 2012-2032; (4) Kebijakan Program Pengembangan Kota Hijau; (5) interaksi peta-peta zonasi diintegrasikan dengan Sistem Informasi Tata Ruang Kota Malang. Media ini juga sekaligus berfungsi sebagai media kontrol terhadap ketersediaan RTH kota sebagaimana dipersyaratkan dalam UU N0. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Hal ini penting karena Kota Malang merupakan salah satu Kota di Indonesia yang ikut menerapkan kebijakan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) pada masa mendatang.

Persebaran RTH Publik Kota Malang dan Tiap BWP Kota Malang
Caption Informasi RTH Public berdasarkan Lokasi

Informasi keberadaan RTH Publik ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat untuk dapat mengetahui, memahami dan menyadari arti pentingnya keberadaan RTH publik kota Malang. Apa dan bagaimana problematika yang dihadapi oleh pemerintah, sehingga hal ini dapat menjadi proses edukasi masyarakat. Peningkatan pemehaman dan kesadaran akan dapat meningkatkan partisipasi publik dalam penyediaan, pemanfaatan, penggunaan dan/atau pemeliharaan RTH publik yang ada.